Minggu, 21 April 2013


JR #2# "Inovasi di dalam bisnis retail"


*
Bagi memulakan bisnis,seseorang tidak boleh menganggap remeh suatu sistim.Mereka perlu membuat sedikit banyak persediaan sebelum memulakan bisnis ritel.para pembisnis juga perlu memahami bisnis ritel yang akan di jalankan. Seperti  system yang sering di gunakan orang –orang cina yaitu penjualan yang langsung menjurus  terus kepada para pelanggannya,dengan kata lain,ia memerlukan penjualan bertemu sacara bertatap muka atau face to face dengan pelanggan dan berkomunikasi degan orang ramai ini sering kita lihat di depan –depan super market,di depan mall dan di tempat –tempat ramai.kita harus percaya bahwa penjualan perlu membentuk hubungan yang akrab, sopan, dan ramah dengan anggota masyarakat .Hubungan itu peting bagi memajukan  bisnis/penjualan kita,jika tidak,bisnis kita akan menghadapi  masalah dalam hal penjualan dan pemasaran barang.karna produk kita bisa di katakana loris atau tidak tergantung mereka,mereka ber kuasa menentukanya.Pembisnis atau penjual yang bijak akan menggunakan sistim  penjualn yang mampu  menarik minat para pelanggaan supaya terus berkunjung di toko  kita.
  Kalau kita menginginkan toko kita di minati  oleh pelanggan kita harus tau Apakah tujuan kita membuka toko..? Dari manakah kita mulai  dan kemanakah kita akan pergi….? Sejauh manakah kita mau melihat  toko kita akan berkembang…? Apa yang di inginkan pelanggan…?,Biasanya para pelanggan senang dengan toko yang  membiarkan para pelangganya membuat pilihan sendiri tanpa adanya tekanan dari pada orang yang punya toko.Mereka bebas bergerak,memmilih dan membuat keputusan.pelaggan tetap di beri kebebasan dan sedikit  ke istimewaan  daripada segi layanan.Manakala pelanggan baru akan di pikat dengan potongan harga yang menarik dan mungkin juga kemudahan kredit. Pelanggan baru bukan saja di angap penting tetapi juga di lihat sebagai berpotensi  bagi menarik lebih ramai pelanggan lain tooko kita.
Untuk itu di perlukan sestem toko yang sedemikian rupa:



1.Pelayanan  yang memuaskan pelanggan  baik pada awal dan di akhir proses belanja.
Dengan adanya layanan pelanggan yang ramah dan baik,pelanggan kita berpuas hati apabila datang di took kita.Sehingga mereka member itau orang lain mengenai toko kita  dan seterusnya kita dapat pelanggan baru yang juga berpuas hati apabila beli di took kita.
Ø  Pelayanan yang cepat dan akurat
 Apabila pelanggan berpuas hati  dengaan layanan kita,kita sebenarnya membuat mereka tertarik  dengan toko kita. Maka dengan itu kita harus  melayan pelnggan kita dengan  baik di awal dan cepat, akurat di akhir layanan.tahap akhir dari dari seluruh angkaian proses belanja di tokokita adalah di area kasir .seberapa pun bagusnya  rangkaian proses belanja ,semua itu harus di akhiri dengan baik di kaser,kasir merupakan titik klimaks dari seluruh rangkaian pengalaman belanja di toko kita.oleh karna itu kita harus perhatikan detail dari hal yang ada di area kaser.
Ø  Kecepatan pelayanan 


Apakah terpikir oleh kita untuk mengukur seberapa cepat pelayananoleh masing-masing petugas kasir kita ,kecepatan merupakan isu terpenting bagi pelayanan di kasir karna inimempengaruhi kepuasan pelanggan,tidak ada seorngpun yang rela mengantri di kaser terlalu lama sehingga keluhan terhadap kecepatan pelayanan di kaser harus mendapatkan perhatian.
Ø  Informaasi harga yang berbeda
Harga yang tertera di rak panjang bisa berbeda denngan harga  yang ada di dalam system pos di kasir. meskipun bukan di sebabkanoleh kasir namun kasir karna posisinya sebagai rangkaian akhir dai proses kerap kali menjadi sasaran kemarahan dari pelanggan yang merasa di tertipu oleh adanya perbedaan harga yang terjadi.
Ø  Uang kembalian
Harga barang  belanjaan yang terbentukl tidak selalu menghasilkan nilai yang bulat sehingga akan timbul masalah dalam pengembaalian  uang kecil.
Beberapa peritel sudah menyadarihal ini,mereka memberi perhatian pada  hal ini sehingga sudah memikirkan sebuah cara untuk membulatkan  uang kecil dalam puluhan atau ratusan,dan dengan demikian bisa di kembalikan dengan lebih mudah.
Beberapa peritel bahkan  belum menyadari  bahwa uang kecil yang tidak di kembalikan kepada pelanggan meskipun jumlahnya hanya beberapa ratus rupiah tersebut menimbulkan perasaan tidak senang.memang betul,kalau demikian kecilnya mengapa bukan kita yang memberikan kembalian lebih sehingga tidak perlu meugikan pelanggan sekecil apapun.bukankah kita harus consistent.kalau memang nilainya kecil  maka kita sebaiknya kita yang menaggung.
Ø  Scanner  yang akurat
Bisnis ritel modern sudah sangat mengandalkan bar code yang pada umumnya sudah tercantumpada produk sehingga dikaser di pasang scanner kurang akurat sehingga memperlambat proses pelayanan di kasir.
Perhatikan masalah ini seperti ini. Ketika jumlah transaksi sdang tinggi maka peran scanner akan menjadi vital .tidak jarng antrian  di kaser terjadi karena scanner yang di pergunakan kurang akurat dalam membaca  barcode sehingga membutuhkan pengetikan manuel ketidak akuratan juga bisa di sebabkn oleh kaena barcode yang di temple pada produk sudah tidak baik.hal ini di sebabkantinta printer pencetak barcode yang sudah harus dig anti.

2.Menyukakan pelanggan
Kita pasti dapat merasai apabila pelanggan suka dengan kita. Mereka mendukung kita . apa yang kitalakukan ,apa yang kita jual mendapat sambutan tanpa bantahan dari mereka,  jadi, mudah untuk kita meneruskan berjualan dengan mereka.
  Kebaikan toko kita di beeri taukan kepada orang lain atau bakal pelanggan yang akan menjadi pelanggan kita.perkembangan ini berterusan daripada seorang ke orang lain ,lama kelamaan ,nama toko kita di kenali oleh ramai orang.
3.Selalu berfikiran positif dan mengamalkan moto’’Kita Boleh’’
Ssebagai pengusaha  penyedia layanan,kita mesti senantiasa bersedia ,kadang-kadang kita menghadapi  keadaan yaitu pelanggan memintak barangan yang sukar kita sediakan atau memitak perkara-perkara yang kita tidak sediakan.
 Sekiranya permintaan ini di ajukan kepada pegawai atau pekerja kita yang tidak berfikiran positiff,,mereka pasti menjawab ‘’tidak boleh ‘’atau  ‘’tidak ada’’.Apabila semua yang di mintak pelanggan tidak ada atau tidak dapat di adakan ,pelangganaka lari kepada toko lain.
 Oleh yang sedemikian kita mesti bersedia bagi semua permintaan yang berkaitan dengan usaha kita,Beritau pekerja kita jangan sekali-kali menggunakan ungkapan ‘’tidak ada’’ atau’’ tidak boleh’’Sekiranya tidak ada bisa di adakan,sekiranya tidak boleh,kita perlu mencari cara bagi membolehkanya.
 Tanamkan semangat  mahu belaja r benda baru dan mau berkembang maju,kita tidaK semestinya berjualan mengikut cara kita.Pegawai dan pekerja kita juga tidak boleh berdasarkan kepada pengalaman cetek yang mereka ada.
4.Menunjukan perilaku yang baik di hadapan pelanggan
  Tingkah laku,kata-kata dan tindakan kita yang kasar,pegawai atau pekerja kita yang tidak baik tidak patut kita perlihatkan di hadapan pelanggan kita,kita mesti mintak maaf bagi pihak pegawai atau pekerja.kita mesti berjanji kepada pelanggan yang kita akan mencari masalah yang sebenarnya dan melakukan tindakan kepada mereka yang bertanggung jawab.Kita tidak perlu menghamburkan kemarahan kita di hadapan pelanggan.
 Mungkin kita pernah mendengar orang berkata  apabila hendak memarahi mesti berada di dalam kamar supaya tidak memalukan mereka yang membuat kesalahandan sebaliknya apabilahendak member penghormatan lakukan di kalayak ramai.inilah sifat atasan yang betul.
5. Pengurusan yang baik dan sempurna
    Bagi mencapai apa yang kita bicarakan  di atas ,pengurusan kita mestilah baik dan sempurna. .Segala-galanya dimulai dari pada rancangan yang rapi dan tersusun.Kita tidak boleh  hanya dengan merancang yaitu hanya melihat kepada  daya maju usaha kita dan betapa gembiranya sekiranya dapat mengekalkan pelaggan setia kita.
 Kita perlu merancang mengikuti kemampuan kita ,fikirkan kepengurusan dan pegawai kita yang melaksanakan apa yang sudah kita rancang sebelumnya.cukupkah pekerja kita ? Aadakah mereka mempunyai pengetahuan,pengalaman dan kepandaian yang di perlukan bagi melaksanakan perancangan kita?sekiranya memerlukan latihan Adakah kita mempunyai sumber keuangan yang cukupbagi melatih merka di dalam atau di luar perusahaan.dan sekiranya mereka di latih di luar cukupkah pekerja yang menggantikan  tugas yang di tinggal mereka .
 Di samping itu kita  tidak mau ketinggalan dalam pesaiangan  di pasaran, kita seharusnya bertekat harus senantiasa berada di barisan  depan dan bukanya berada di belakang pesaing kita, kita tidak mau pelanggan kita merasa di remehkan berurusan dengan kita.kita harus senantiasa perhatikan  apa yang di lakkukan pesaing kita dan apakah yang kita lakukan sudah mengikut standard pasar kita tidak perlu melakukan banyak perbedaan di bandiang dengan pesaing kita tetapi perlu menambah baiknya barng kita dan layanan.untuk itu kita harus mempunyai rancangan memberikan fasilitas yang memadai bagi pegawai dan pekerja kita antara lain yaitu:
·         Jaminan pegawai dan pekerja
Pegawai dan pekerja kita bukan mesin, mereka bukan robot.merka tidak dapat di program  .mereka manusia .mereka mempunyai perasaan.mereka mempunyai tanggung Jawab  yang mesti mereka laksanakan.mereka mempunyai keluarga untuk di tanggung.
Mereka juga pemberi layanan di toko/perusahaan kita.mereka berada di bagian depan di toko kita.pelanggan bertemu mereka  terlebih dahullu bila datang di toko kita.mereka berhadapan dengan segala massalah dengan pelanggan.
Bagi member layanan yang terbaik kepada pelanggan kia ,kita harus memperhatikan keadaan kesehatan,fisikal  dan mental mereka perlu senantias berada dalam keadaan yang memuaskan .sekiranya mereka  tidak nyaman bekeja  atau tertekan ,mereka akan melepaskan itu semua ke pelanggan.
·         Jaminan kesehatan
Perkara ini biasanya menimbulkan  sensitivity bagi seseorang .
Sejauh manakah kita  melindungi pekerja kita dari pada segi kesehatan ?berapakah ongkos yang  sanggup di berikan kepada pegawai/ pekerja.? Bagaimanakah dengan  insuran  bagi melindungi mereka ?perkara ini adalah soalan-soalan yang harus di perhatikan.
·         Latihan kepandaian
Latihan kepandaian bagi melayan pelanggan  di mulai dari pekerja di ambil bekerja ,ambil pekerja yang sanggup memberi  pelayanan yang terbaik dan yang bekerja untuk pelanggan bukan untuk dirinya sendiri.
Selain dari latihan dasar yang berkaitan dengan penjualan dan pengurusan ,latihan-latihan tersebut perlu di lakkukan secara bertahab sekurang-kurangnya dua kali pada setahun.sekiranya kemampuan kita dapat menghantar pihak pegawai  dan pekerja  kita ikut kursus-kursusyag di anjurkan di luar daripada toko kita,judul-judul yang di jalankan perlu senantiasa  di perbaiki dan di rapikan  agar mengelak dari pada pekerja merasa bosan atau merasakan bahwa kursus itu tidak ada gunanya untuk mereka.
·         Kenaikan pangkat  dan  gaji
Kita juga perlu merancang kenaikan pangkat /gaji pekerja kita ,merangcang kenaikan pangkat atau gaji pegawai perlu di buat dengan berhati-hati,tentukan pegawai dan pekerja di bagian mana  yang perlu di naikan.Adakah kita betul-betul perlu mengadakan kenaikan pangkat atau gaji di bagian itu,? adakah terdapat kekosongan  tempat yang lebih tinggi di bagia itu .? adakah orag itu sudah perlu kita naikan gajinya..?
Keperluan kepada  kenaikan pangkat di sebabkan penyandang bertukar kepada bagian lain ,ataupun penyandng di naikan pangkat yang lebih tinggi,ataupun penyandang berhenti atau di hentikan oleh pihak atasan.
Pekerja yang akan di naikan pangkat atau gaji perlu yang mempunyai prestasi pekerja yang bagus mengikut pertimbangan kita ,cara menilai pekerja itu tergantung kepda kita .
·         Tersedianya ruang untuk pegawai
·         Tersedianya toilet untuk pegawai
 Di samping semua ide-ide kreatif  yang di atas kita harus  memperhatikan juga  ide-ide kreatif  sebagai berikut:
a)      Memberikan area parker
Area parkir yang terjamin keamanannya  sudah tentu membutuh kan penjaga  dan hal ini bias memudahkan  pelanggan memarkir kendaraanya  karna dengan adanya tmpat parkir yang sudah di sediakan para pelanggan tidak akan binggun memarkir kendaraannya  dan merasa selesa, puas dan kemungkinan besar akan kembali lagi.
b)      Lingkungan toko bersih dan rapi
Keadaan toko dan kebersihan  di sekeliling  area toko adalah perkara selalu di abaikan/tidak di perhatikan dan pada umumnya semua orang menyukai tempat yang rapi dan bersih, di samping itu halaman toko yang  jorok akan mengudang masalah lain yaitu datangnya  lalat, jika menjual produk yang segar maka lalat akan segeramasuk karna aroma  produk yang menyengat akan segera mengudan lalat masuk ke toko
c)       Fasilitas  toko yang memadai

·         Area toko
Menyediakan  troli belanja dan keranjang belanja di lokasi yang mudah di lihat oleh pelanggan ,dan menyediakan petuggas untuk membantu pelanggan sekiranya ada pelanggan yang kesulitan mengambil kranjang,Dan sebaiknya kranjang juga di sediakan di dalam area belanja.
·         Kebersihan keranjang dan troli
bukan hal aneh jika keranjang dan troli belanja yang di pakai akan menjadi kotor karna pembelian barang-barang segar sayur,buah, ikan, daging, juga debu yang  menumpuk sehingga keranjang dan troli belanja yang tadinya bersih menjadi kotor,menjaga kebersihankeranjang adalah kewajiban kita  ssehingga siap di gunakan pelanggan lainya.
·         Informasi
Di dalam toko ritel modern  (swalayan )peran informasi akan menjadi sangat vital atau pentig maka dengan tersedianya informasi yang cukup dan jelas akan memudahkan pelanggan kita dalam proses pebelanjaan.
·         Iformasi katagori  barang
Barang dagangan kita sedemikian rupa agar memudahkan proses belanjabagi pelanggan,buat toko yang lumayan lengkap maka akan terdapat banyak lokasi  barag yang  di pisahkan,lorng antara rak display.tersedianya signage informasiyang akurat terhadap katagori produk yang tersedia di setiap lorong akan mempermudah pelanggandalam mencari poduk yang di inginkanya  di setiap lorong antar rak yang kita tunjukan tersebut .memperhatikan baik-baik apakah infor masi yang tersedia sudah akurat sehinggaada kesesuaian antara infomasi dan isi katagori yang tersedia jika tidak maka segera di perbaiki.
·         Informasi harga
.      Kebersihan rak dan barang dagangan
·         Kenyamanan dalam proses belanja
·         yang mereka lihat
·         Yang mereka dengar
·         Yang mereka rasakan
·         Yang mereka cium
d)      Kuallitas produk segar
               bersih itu segar
                gangguan lalat
                quality control

·         Kebersihan rak dan barang dagangan
·         Kenyamanan dalam proses belanja
·         yang mereka lihat
·         Yang mereka dengar
·         Yang mereka rasakan
·         Yang mereka cium
d)      Kuallitas produk segar
               bersih itu segar
                gangguan lalat
                quality control

LIMA  IDE  INOVATIF
1.Usaha mendirikan toko dalam kawasan  pom minyak
Bisnis ini ter inpirasi dari pada took-toko ritel yang ada di Negara Malaysia ,setiap ada pom minyak di situ didirikan took sejenis convenience srore yang menyediakan produk-produk terbatas, seperti makanan-makanan ringan, minuman,atau vending machine retailing,majalah ,Koran, pulsa , unit mesin caser,dan luas lantainya biasanya di bangun kurang lebih 50 x 30 m per segi.
Took-toko yang hanya menyediakan produk-produk terbatas ini di tujukan kepada konsument singgah sebentar guna membeli minyak,dan kebanyakan pelanggan yang berkunjung ke sini orang-orang  bepergian  yang pakai kendaraan bus, mobil dan sepedah motor.kebiasaan orang-orang bepergian ini mereka tidak sempat sianggah di warung-warung makan sehingga mereka hanya mementingkan makanan-makanan ringan atau camilan saja,
Karna dalam pengamatan saya setiap pom minyak di Indonesia memang sudah di dirikan gedung untuk sebuah toko  tapi di situ kurangnya multi fungsi krna Cuma di gunakan hanya memenuhi spaer prat peralatan mobil saja.Dengan ini tujuan mendirikan toko –took ritel di kawasan pom minyak sangat berpotensi  untuik menunjang dalam keberhasilan usaha ritel.
2.usaha ternak kambing
Usaha  ini akan saya kelola dengan temen-teman organisasi,saya terdapat sebuah organisasi, organisasi ini saya buat program untuk ternak kambing ,dana yang akan kami pakai ini dari insvestor-insvestor keanggotaan atau uasaha ini kita buat semcam prences atau dana gabungan dengan anggota-anggota lain hasil dari budidaya kambing ini utngnya kita bigi presentase, dan pengelolaan pemasaranya kita kelola menjai daging kambiang yang mudah di kosumsi oleh pelanggan di samping itu nantinya  pada masa bulan-bulan idul adha biasanya harga kambing dan harga daging sangat mahal ya di saat itu nantinya akan kita jual secara habis-habisan,untuk mendapatkan laba yang besar.


3.usah mendirikan warung





Usaha mendirikan warung makanan mempunyai banyak kelebihan dari pada bidang yang lainya, yang pertama memudahkan untuk memperoleh bahan bakunya lebih gampang,bahan dasar masakan dapat mudah di peroleh di pasar tradasional atau pasar pengecer yang dekat dengan tempat bisnis jadi tidak seperti bisnis lainya,ang membutuhkan waktu dan dana untuk mencarinya.umumnya para pengelola warung makanan akan berbelanja di waktu petang atau sekitar subuh cukup pergi ke pasar tradisional maka kebutuhan pokok usaha dapat terpenuhi.tempat untuk mendirikan juga mudah di bandingkan bisnis-bisnis lainya,warung makanan dapat di tempat di bangun di epan rumah atau di manapun selama masih memenuhi kelayakan dan perinjinan dari pihak yang bewenang ,jangan sampai membuat warung makan tetapi lokasi usaha melanggar tata tertib atau uandang-undang wilayah setempat hal tersebut dapat merugikan pengusaha kedepanya saat pelanggan ramai sudah berdatangan tapi usaha warung terpaksa di pindah paksa.
sarana dan peralatan yang di butuhkan untuk bisnis warung makan ini juga sederhana dan semua orang dpat memenuhi dengan gampang contohnya ialah peralatan masak dan perabot seperti kursi dan meja ,semua kluarga dapat di pastikan telah mempunyai beberapa keperluan tersebut, secara otomatis biaya untuk mendirikan usaha banyak berkurang  sehingga memerlukan modal yang tidak cukup banyak.
keuntungan yang di peroleh dari menjalankan usaha rumah makan tidak dapat di anggap sepele laba bersih sekitar 30 hnggga 50% dari total penjualan ,terlebih lagi bila rumah makan itu menyediakan minuman buatan sendiri seperti teh, kopi, es dawet, ini akan menambah keuntungan berlipat ganda
4.usaha pengelolaan beras
makin pesatnya  pertambahan penduduk  indonesia tuntutan memenuhi jumlah produksi beras juga terus meningkat, di sisi lain dengan makin tingginya tingkat pendidikan masyarakat serta dengan mudahnya informasi.
seiring kemajuan teknologi juga secara bertahap mengubah pola kosumsi dan cara pandang masyarakat terhadap mutu(kualitas) pangan yang di kosumsi perbaikan daya beli masyarakat yang di harapkan meningkat setelah indonesia keluar dari krisis ekonomi akan menggeser permitaan ke arah beras bermutu tingi.
beras adalah sebagai bahan pokok kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari hampir seluruh penduduk indonesia makann pokoknya adalah nasi yang berasal dari beras.bers mempunyai banyak kasiat beras adalah sumber yang kaya dengan vitamin dan mineral seperti niacin, vitamin D, calcium, dan banyak lagimanfaat dari berastersebut.selain itu beras kaya dengan karbohidrat dan tiak mengandungi kolesterol, lemk tepu yang boleh memudhoratkan  kita dan renah kandungan kondium, ia bagus di makan bagi semua peringkat umur dan golongan manusia .
kasiat beras bukan saja di nikmati denga hanya memakanya,malahan ramai orang yang percaya bahwa ia juga bagus untuk penjaggaan kulit samaada dari segi rawatan penjaggaan kulit muka maupun kuit badan atau tubuh.
5.usaha membuat keripik gadung
tanaman ubi gadung ini tanaman yang cukup populer walaupun kurang mendapat perhatian, gadung menghasilkan ubi yang dapat di makan namun ubi gadung ini mengandugi racun yang dapat mengakiatkan pusing dan muntah apabila kurang kurang benar dalam pengelolaanya,produk dagun yangpaling terkenal adalahdalam bentulk kripik meskipun rebusan gadung juga dapatdi makan,
keripik gadung ini nantinya di kombinasi dengan ubi singkong yang melalui proses-proses tertentu, pada zaman sekarang orang-orang banyak yang sibuk dengan pekerjaan yang bisa menimbulkan makan makanan yang pokok sehingga akhirnya mereka mengambil inisiatif memakan makanan ringan atau denga kata lain nyamil.
kamiakan barusaha mengeluarkan dan memproduk keripek gadung ini sebagai makanan ringan atau camillan terbesar di negara indonesia dan masuk himgga sampai pada pasaran luar neggara .
natinya kami akan merancang produk ini dari kecil-kecilan yaang menembusi pasaran-pasaran di sekeliling daerah indonesia dan berusaha meningkatkan kadar pengeluaran hingga bisa menembus pasaran luar negara.
menurut pengamatan kami kemungkinan besar kalao targget pemasaran sudah tiinggi  akan berdepan denan masalah pada kekurangan dengan bahan mentah ,dan untuk menhasilkan bahab-bahan tersebut kami mengatasinya dan mengambil inisiatif membuka usaha penanaman ubi gadung itu sendiri di kawasan perhutanan, karena pada masa- masa sekarang ub gandung di dalam perhutanan di kawasan daerah kami banyak yang tidak memanfaatkanya maka dengan itu alangkah baiknya kalau kami bisa memanfaatkanya dan mengelola sebagai keripik gadung  berkombinasikan ubi singkong yang berkemaskan rapi dan bisa menarik perhatian pelanggan di karenakan perisa rasa yang lezat, gurih dan nikmat.


NB:inilah usaha-usah yang nantinya aku jalankan dan bisa membuatku sukses di bidang ritel

                                                                                                                      Salam Enterpreneurs
                                                                                                                      Rahadiananassaddewo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar